REMAJA PUTUS SEKOLAH MENUJU KEMANDIRIAN

    Di Posting Oleh:
  • administrator
  • October 5, 2018

Balai Bina Sosisal yang sebelumnya di kenal dengan Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) sebagai Unit Pelaksana Teknis (Dinas Sosisal Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua) saat ini disibukan dengan Pelatihan Praktek Kerja, setelah resmi dibuka akhir bulan Agustus lalu saat ini sudah memasuki praktek langsung dengan dunia kerja nyata.

            Praktek Ketrampilan yang di berikan memang bersifat dasar-dasar ketrampilan terhadap tiga jenis ketrampilan yaitu: Menjahit, Pertukangan (mebel), maupun Montir Mobil. Proses belajar/teori dan praktek ini akan berlangsung selama 90 hari kalender dan diharapkan semua peserta akan mahir/menguasai jenis ketrampilan yang di berikan dan dapat digunakan untuk mengembangkan usaha/ekonomi masing-masing peserta maupun keluarganya, ketrampilan ini bersifat produktif karena bisa digunakan untuk menghasilkan uang/barang. Sebagai contoh peserta yang ikut dalam bimbingan ketrampilan menghasilkan produk barang yang bisa dijual dan bernilai tinggi seperti lemari pakian, rak dan berbagai variasi pintu panel atau jendela panel ataupun barang lain yang terbuat dari kayu.

            Sementara tata busana/ jahit diharapkan bisa membuka jahitan dirumah masing-masing dengan kempampuan menjahit pakian wanita maupun pria. Sementara montir mobil diharpkan bisa memiliki ketrampilan dan kemampuan service mobil bensin, ataupun motor. Diakhir pelatihan ketrampilan akan diberikan bantuan paket usaha ekonomi produktif bagi masing-masing peserta untuk bisa digunakan sebagai modal awal/stimulan dalam pengembangan usahanya.

            Semoga mampu mandiri menuju sejahtera.